Ilustrasi organ tubuh (foto by Pixabay)

Kesehatan, infohalal.id – Para ahli kesehatan selalu menasehati agar setiap orang meminum air hingga 2 liter perhari. Sebenarnya untuk apa air sebanyak itu? Sementara tubuh kita sendiri, 65 persennya sudah terdiri dari cairan.

Science Alerts menjelaskan bahwa cadangan air di badan kita harus tetap dalam level cukup, untuk memastikan semua fungsi organ tubuh bekerja secara normal. Ini termasuk kegiatan mengirimkan semua nutrisi dan hormon ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan, melumasi sendi, menjaga suhu tubuh dan memastikan bola mata kita tetap dalam kondisi basah.

Saat kita membuang cairan dari tubuh kita, baik dalam bentuk keringat dan buang air kecil, ada sekitar 1,5 liter yang terbuang per harinya. Kondisi inilah yang menyebabkan kita harus selalu mengkonsumsi air.

Jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka salah satu bagian otak kita, Hypothalamus akan menerima respon dari pembuluh darah. Selanjutnya, otak kita akan mengirimkan perintah pada tubuh untuk meminum sesuatu dalam bentuk ‘rasa haus’.

Bagaimana jika kita tidak merespon rasa haus itu? Dalam video yang dirilis oleh ASAPSCIENCE pada tahun 2014, dijelaskan awalnya tubuh akan memberi respon dengan mulainya rasa pusing. Diikuti dengan menurunnya tingkat respon kita kepada input yang masuk dan menurunnya kekuatan tubuh untuk menahan rasa sakit.

Jika kondisi ini berlanjut, maka tubuh akan memberi respon dengan tubuh yang gemetar dan berkurangnya nafsu makan. Mengapa nafsu makan berkurang? Karena tubuh tidak memprioritaskan asupan makanan dalam kondisi dehidrasi.

Kondisi akan memburuk, jika kondisi dehidrasi ini memasuki hari ke-3. Dimana tubuh akan mulai merespon dengan berkurangnya aliran darah di pembuluh yang menyebabkan perubahan pada kulit. Fungsi otak pun akan menurun dengan mengerutnya ukuran otak. Menginjak hari ke-5, tubuh akan menghentikan fungsi dari sistem organ. Itu sama saja dengan tubuh yang mati. Dan ini akan diawali dengan hilangnya tingkat kesadaran manusia.

Masih menganggap enteng rasa haus???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here