Ilustrasi Rambut Keriting (Foto by pixabay)

Kesehatan, Infohalal.id – Terik matahari yang menyorot di siang hari, akan berakibat pada panasnya kulit kepala, yang akhirnya dapat membuat rambut menjadi lembab. Panas dan kelembaban, akan berpengaruh buruh pada kesehatan rambut, khsusunya bagi mereka yang memiliki rambut keriting yang dapat meonrotkkan rambut. Untuk itu, demi mencegah kerontokkan yang parah perlu adanya perawatan bagi rambut anda.

Dikutip dari TimesIndia, ada lima hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan rambut dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan berasal dari alam. Dengan bahan ini, bagi mereka yang memiliki rambut keriting akan lebih terlihat bagus dan sehat saat menghadapi cuaca panas.

  1. Madu dan Kondisioner Minyak Kelapa
    Kunci untuk memperbaiki rambut keriting adalah dengan membuatnya selalu terkondisikan dan lembut, dan cara termudah untuk ini adalah dengan membuat kondisioner menggunakan madu dan minyak kelapa. Karena minyak kelapa akan membuat kulit kepala Anda lembab, madu akan membuatnya bebas keriting. Untuk membuat kondisioner ini, campurkan satu sendok makan madu ke dalam satu sendok makan minyak kelapa bersama dengan satu sendok makan jus lemon dan dua sendok makan dadih. Aduk rata dan oleskan conditioner ini pada rambut Anda yang keramas. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air biasa. Hasilnya adalah rambut yang berkilau dan lembut, dan kondisioner ini akan melindungi rambut Anda dari kelembaban yang berlebihan.
  2. Lidah Buaya dan Serum Minyak Kelapa
    Lidah buaya dikenal karena nilai gizi dan obat-obatannya, dan zat seperti gel yang ada di dalamnya dapat melakukan banyak keajaiban. Bahan ini memiliki enzim proteolitik dan kandungan protein yang tinggi, yang memberi makan folikel rambut Anda secara efisien sambil meningkatkan tekstur keseluruhan. Ini sebenarnya dapat membantu Anda membuat gaya rambut favorit Anda dalam waktu singkat. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat serum menggunakan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan serum ini pada rambut Anda setelah keramas dan pijat selama 10-15 menit, cuci setelah itu dengan air biasa. Serum ini akan menutrisi rambut Anda dari dalam sekaligus menjaga rambut Anda lembab dan terhidrasi.
  3. Masker Pisang, Madu, dan Minyak Almond
    Masker ini untuk mereka yang memiliki rambut yang sangat keriting. Karena madu dikenal untuk memberikan kelembapan yang sangat dibutuhkan pada rambut, pisang membuat kondisioner rambut yang sangat baik dan minyak almond di sisi lain akan mengembalikan kekuatan rambut Anda. Jadi, untuk membuat masker ini, ambil mangkuk besar dan campur pisang matang bersama dengan dua sendok makan madu dan 5-6 sendok makan minyak almond. Hancurkan pisang dengan baik sehingga tidak ada gumpalan yang tersisa. Setelah itu, oleskan di seluruh kulit kepala dan rambut, dan biarkan selama 20-30 menit. Cuci menggunakan air biasa dan kemudian keramas. Anda akan memiliki rambut halus dan berkilau yang Anda inginkan.
  4. Masker Kopi dan Madu
    Masker ini adalah cara terbaik untuk mengatur rambut Anda di musim panas. Untuk membuat masker ini, yang Anda butuhkan adalah mencampur 2 sendok teh kopi dengan 2 sendok teh madu. Setelah Anda mencampur keduanya, tambahkan mangkuk berisi 4-6 sendok makan air hangat dan buat konsistensi tipis dari campuran ini. Oleskan masker ini sebelum keramas di seluruh rambut Anda dan biarkan selama 20-25 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air hangat dan kemudian gunakan sampo ringan. Hasilnya adalah rambut yang bebas kusut dan lembut dengan kilau di dalamnya.
  5. Aloe Vera dan Amla Powder Serum
    Ini adalah salah satu metode termudah untuk menyelesaikan semua masalah rambut Anda. Serum ini menggabungkan sifat obat lidah buaya dengan kandungan gizi amla, dan bersama-sama mereka adalah anugerah untuk perawatan rambut. Untuk membuat serum ini, Anda cukup mencampur 3-4 sendok makan bubuk Amla dalam 2-3 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan serum ini pada rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, biarkan mengering dan cuci dengan air biasa. Keringkan rambut Anda secara alami untuk efektivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here