Basic RGB

Jakarta, IH.id – Teknologi menjadi hal faktor mendasar akan evolusi tren masyarakat, terlebih bagi 3M yang dikenal sebagai perusahaan berbasis sains dan teknologi sejak dahulu. Di samping itu, investasi dalam teknologi selalu konsisten diterapkan oleh 3M agar mampu bersaing dan tetap prominen di masa mendatang. Sebagai perusahan yang telah memiliki reputasi panjang dalam hal inovasi, 3M telah menghadirkan berbagai solusi dari industri otomotif hingga kesehatan. Dalam menghadirkan berbagai solusi tersebut, 3M memiliki teknologi dasar yang terus digunakan untuk menghasilkan produk inovatif dan berkontribusi pada perkembangan yang berkelanjutan.

Revolusi industri telah mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang, salah satunya disrupsi teknologi. Kemajuan dan perkembangannya hingga kini telah mengubah pola dan gaya hidup masyarakat sehari-hari. Situasi ini dapat menjadi tantangan maupun peluang bagi sebuah perusahaan. Menghadapi era disrupsi teknologi, perusahaan pun dituntut untuk terus melakukan inovasi.

Seperti Periodic Table of Elements pada mata pelajaran kimia, 3M juga memiliki formula Periodic Table of Technology Platforms. Tabel tersebut merepresentasikan berbagai jenis bahan, proses, kapabilitas, teknologi digital, dan pengaplikasian yang dilakukan oleh para ilmuwan dan insinyur 3M dengan menggabungkan cara unik dan kreatif guna menciptakan suatu produk yang bermanfaat bagi konsumen.

Sashidharan Sridharan, Managing Director 3M Indonesia, mengatakan, “Karyawan 3M didukung serta didorong untuk dapat menciptakan inovasi yang bermanfaat. Bekerja di lingkungan yang sangat kolaboratif, para ilmuwan kami menggunakan 51 platform-platform teknologi kami yang beragam, mulai dari teknologi perekat dan abrasif, hingga keramik dan nanoteknologi. Kami memanfaatkan teknologi tersebut untuk menciptakan produk unik yang dibutuhkan konsumen yang kami pasarkan melalui empat kelompok bisnis kami.”

“Platform” adalah teknologi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menciptakan berbagai produk atau layanan. Salah satu platform teknologi dari 3M yang paling terkenal adalah “perekat,” yang telah memungkinkan perusahaan untuk membuat produk seperti Post-it Notes, Super Sticky Easel Pads, Scotch tapes, stretch release Command strip, perekat kinerja untuk menggantikan paku keling di pesawat terbang, pita medis, dan lainnya.

Fokus pada pengembangan dan penelitian tidak lepas dari 3M sebagai perusahaan berbasis sains. Investasi ini juga termasuk dalam pengembangan 3M Science. Aplikasi terapan 3M bertujuan menciptakan kehidupan dan solusi untuk permasalahan global. “Kekuatan sains 3M adalah membuat dunia lebih aman, lebih efisien, dan lebih sejahtera. Kami menggunakan sains untuk menyelesaikan berbagai tantangan konsumen kami. Dengan sains, kami memperkuat visi untuk meningkatkan dan memperbaiki setiap kehidupan,” tambah Sashidharan. Untuk menguatkan riset, 3M memiliki banyak sumber daya manusia mumpuni dan kredibel dalam bidangnya.

3M secara global memiliki sekitar 8.000 ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia, dengan pusat penelitian dan pengembangan yang beroperasi di 50 negara, serta memiliki 51 technology platforms yang beragam. Lebih dari 4.000 hak cipta baru didaftarkan setiap tahun, dan investasi berkelanjutan untuk penelitian dan pengembangan.[2] Investasi berkelanjutan ini bertujuan agar 3M selalu menjadi unggul, mencakup kapabilitas teknologi dan sekitar 6% dari penjualan akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan setiap tahunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here